Tetap Aman Setelah Pakai Velg Racing

Tetap Aman Setelah Pakai Velg Racing

Berawal dari arena balap, velg berdiameter besar ditambah ban tipis merambah mobil-mobil untuk keperluan harian. Velg yang dikenal dengan istilah velg racing ini memang membuat tampilan mobil lebih keren. Namun track balapan dengan jalanan biasa tentu berbeda. Velg dirancang agar mobil bisa melaju stabil dan dalam kecepatan tinggi. Dengan catatan, lintasan harus mulus.

velg racing

Velg Racing, Lebih Sporty

Pemakaian velg racing membuat mobil tampak lebih sporty. Barangkali inilah yang membuat velg racing begitu digemari. Apalagi velg racing mobil tidak sulit ditemukan. Banyak toko velg mobil terpercaya yang menyediakan velg-velg semacam ini. Sebagian besar memilih velg racing aftermarket dengan alasan desain yang lebih beragam plus harga lebih miring.

Biasanya, pemilik mobil mengganti velg standar dengan velg racing yang berdiameter lebih besar. Penambahan ukuran velg ini dikenal juga dengan istilah plus-sizing. Plus 1 (+1) berarti ukuran velg ditambah satu inci dari ukuran standar. Plus 2 (+2) berarti ukuran velg ditambah 2 inci dari ukuran standar.

Rekomendasi yang berlaku umum, penambahan ukuran sebaiknya hanya sampai +2. Ada juga jenis-jenis mobil yang bisa menggunakan velg hingga 4 inci di atas diameter standar. Namun penambahan hingga sebesar ini tidak disarankan. Kalaupun ingin menambah hingga +3 atau +4 inci, perhatikan terlebih dahulu profil mobil. Pastikan juga penyesuaian pada mobil tetap membuat mobil aman dikendarai.

Ada keuntungan tersendiri saat memakai velg racing mobil dengan diameter lebih besar. Berdasarkan penelitian Consumer Report di Amerika Serikat, +1 terbukti meningkatkan performa berkendara. Daya cengkeram mobil semakin meningkat sebanding dengan pertambahan diameter velg.

Baca juga:  Toko velg murah di Cikedal Discovery Ring 16

Kelemahannya, penambahan daya cengkeram berbanding terbalik dengan tingkat kenyamanan berkendara. Risiko keamanan berkendara semakin berkurang juga berbanding lurus dengan penambahan ukuran velg racing. Artinya, semakin besar velg, semakin rendah tingkat keamanannya.

Itu artinya pula, perlu hati-hati dalam mengganti velg mobil.

Harus pintar-pintar pilih velg racing

velg racing

Pada dasarnya, anjuran dalam memilih velg tidak jauh beda, apapun jenis velg yang dipilih. Kita perlu tahu spesifikasi velg yang kita miliki. Spesifikasi tersebut biasanya berbentuk kode tertentu. Ada baiknya, jika kita mengetahui cara membaca kode velg tersebut. Informasi ini akan membantu saat memutuskan berapa ukuran, PCD, hingga offset yang diinginkan.

Hal lain yang tidak kalah penting, material velg. Bahan velg sangat menentukan ketahanan velg tersebut. Jalan berlubang dan tidak rata sangat mungkin dihadapi saat melaju di jalanan Indonesia. Ini dapat membuat velg cepat lecet, retak, bahkan rusak jika materialnya tidak bagus.

Cara pembuatan velg juga berpengaruh pada kualitas velg. Tanyakan terlebih dahulu, proses apa yang digunakan dalam pembuatan velg. Untuk velg berkualitas baik, biasanya dibuat melalui proses yang disebut dengan forging. Sementara untuk kualitas lebih rendah, biasanya melalui proses yang disebut dengan casting.

Pilih Modifikator Berpengalaman Bila Ingin Pakai Velg Racing

Pilihlah modifikator handal dan memang berpengalaman di bidangnya. Ini hal terakhir yang perlu diperhatikan sebelum mengganti velg standar dengan velg racing. Jika perlu, mintalah fitting velg terlebih dahulu sebelum velg sebelum dipasang. Fitting velg dilakukan agar kita mengetahui apakah velg benar-benar sesuai atau tidak dipasang di mobil kesayangan.

 

Tags: