Perhatikan Keselamatan Saat Berkendara di Musim Hujan

Perhatikan Keselamatan Saat Berkendara di Musim Hujan

Perhatikan Keselamatan Saat Berkendara di Musim Hujan

Perhatikan Keselamatan Saat Berkendara di Musim Hujan – Musim hujan sudah tiba, beberapa waktu belakangan hampir seluruh wilayah Indonesia sudah mulai dilanda hujan dengan berbagai intensitas. Hampir tiap hari sebagian besar wilayah Indonesia diguyur hujan bahkan hingga menyebabkan banjir.

Namun bukan berarti banjir menjadi penghalang aktivitas sehari-hari, Anda masih bisa melakukan berbagai kegiatan produktif sambil tetap memerhatikan keselamatan diri sendiri dan pengendara lain.

CARA-CARA BERKENDARA DI MUSIM HUJAN

Perhatikan Keselamatan Saat Berkendara di Musim Hujan – Bagaimana caranya untuk berkendara aman di musim hujan? Ikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Pantau kondisi jalan.

Anda pasti tahu daerah yang rawan banjir, jadi hindari bepergian ke tempat-tempat rawan banjir kalau tidak ada hal yang sangat urgent. Namun jika harus pergi, cari alternatif jalan yang aman

  1. Cek lampu kendaraan supaya bisa menjaga jarak pandang dengan baik.

Penglihatan yang terganggu akibat hujan deras dapat menghalangi jarak pandang saat berkendara. Pastikan lampu mobil Anda tidak rusak ketika dihidupkan walaupun di siang hari, jika perlu ganti bohlam lampu dengan yang bisa menembus hujan.

  1. Jangan berkendara terlalu kencang.
Baca juga:  Modifikasi Velg VW Beetle Klasik

Mengendarai mobil di cuaca terang sangat berbeda dengan kondisi hujan atau terdapat genangan. Sebisa mungkin hindari kolong flyover dan underpass, jalan yang banyak pohon besar, reklame raksasa, jalan cekung dan genangan air.

  1. Jaga jarak aman pengereman. 

Jangan menerobos genangan, waspadai lubang dan riak air yang bisa masuk ke dalam ruang mesin. Ingat, tidak ada mobil yang anti air!

  1. Usahakan berhenti jika hujan terlalu deras. 

Derasnya air hujan pasti akan mengganggu jarak pandang, lebih baik berhenti dulu jika hujan semakin deras. 

  1. Kalau anda sampai terjebak banjir sedangkan mesin mobil masih hidup lalu mogok, langsung matikan mesin, cabut kepala accu, dan dorong mobil ke tempat yang lebih tinggi. Ingat, mesin jangan dihidupkan lagi ya!
  2. Jika mobil tidak bisa dievakuasi saat banjir, langsung tutup ujung knalpot, cabut kepala accu, dongkrak mobil dan ganjal dengan jack stand.
Perhatikan Keselamatan Saat Berkendara di Musim Hujan

Perhatikan Keselamatan Saat Berkendara di Musim Hujan

TKB GROUP INDONESIA

Tags: