Modifikasi Velg Mobil, Jangan Cuma Perhatikan Tampilan

Modifikasi velg Mobil. Sekalipun letaknya di bawah, namun modifikasi velg mobil sangat disukai para pemilik mobil. Bagi sebagian orang, tampilan menjadi prioritas utama. Tidak heran banyak yang membuat ban lebih kecil atau lebih besar dari standar pabrik. Yang jadi masalah, nyaman atau tidak, aman atau tidak.

modifikasi velg mobil

Nyaman dan Aman juga penting saat ingin modifikasi velg mobil

Faktor keamanan dan kenyaman mesti diperhatikan saat hendak melakukan modifikasi velg mobil. Misalnya, memperbesar ukuran velg mobil berisiko membuat kemampuan meredam ban jadi berkurang saat di jalan tidak rata. Memang pembesaran ukuran velg akan meningkatkan pengendalian ban, sebab ban menjadi lebih tipis. Namun, semakin tipis ban, risiko kerusakan velg malah semakin besar jika berbenturan dengan lubang jalan.

Lalu apa yang perlu diperhatikan saat ingin modifikasi velg mobil?

Apa yang perlu diperhatikan? Semuanya. Artinya, bukan hanya diameter ring saja yang dilihat. Banyak orang tahu velg hanya berdasarkan ukuran diameternya saja, seperti R 15, R 16, R 17, dan seterusnya. Ini hanyalah satu aspek dari velg. Ada beberapa hal lain yang harus dicermati saat hendak melakukan modifikasi velg mobil, yaitu Offset, PCD, dan Material.

Rumus paling umum dalam modifikasi velg mobil adalah +2. Angka itu berarti kita bisa memperbesar ukuran velg mobil maksimal 2 inci dari ukuran standarnya. Jadi, bila velg mobil memiliki diameter 15 inci (R 15), pemilik mobil hanya bisa menaikkannya menjadi 17 inci. Sebenarnya, seseorang boleh saja mengganti velg dengan ukuran lebih besar dari itu. Dengan catatan, masih ada cukup ruang di sekitar spakbor mobil sehingga roda tidak akan bergesekan dengan suspensi. Hanya saja, daya tarikan menjadi berkurang.

Baca juga:  Produsen Merk Velg Mobil Terbaik

PCD juga perlu diperhatikan. Pada velg terdapat lubang baut yang diatur berdasarkan letak tertentu. Inilah yang disebut dengan PCD. Seseorang hanya dapat mengganti velg dengan jumlah lubang dan jarak antar lubang yang sama.

Aspek lain yang tidak kalah penting adalah offset (dikenal juga dengan istilah et). Pastikan memilih offset yang sesuai dengan ruang pada roda. Jika offset tidak sesuai dengan ruang pada roda, nantinya roda malah akan terlihat ke dalam atau keluar, tidak rata dengan badan mobil.

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah material. Umumnya, velg-velg berkualitas tinggi berasal dari luar negeri. Salah satu keunggulan velg-velg impor ini adalah bahan bakunya yang ringan namun kuat. Bahan baku semacam ini akan sangat membantu peningkatan performa mobil saat dikendarai.

Di mana bisa mendapatkan velg kualitas impor untuk modifikasi velg mobil?

Anda bisa memilih velg mobil bekas atau velg mobil baru. Tentu saja harus dipastikan velg masih dalam berkualitas dan masih dalam kondisi bagus bila ingin membeli yang bekas. Jika tidak yakin apakah bisa mendapatkan velg bekas yang berkualitas atau tidak, sebaiknya beli velg mobil baru. Tentu saja, pastikan velg tersebut memang sesuai dengan mobil dan memiliki kualitas baik.

Jika masih bingung dengan merek dan tipe velg mobil apa yang diinginkan, TKB Group Indonesia melayani kebutuhan velg Anda. TKB Group Indonesia memiliki cabang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia dan menghadirkan velg-velg mobil berkualitas maupun terkini.

Tags:

Loading...