Modifikasi Mobil Klasik Tetap Safety

Pada saat modifikasi mobil klasik, salah satu bagian penting yang harus dimodifikasi adalah dengan mengganti bagian roda atau pada bagian velg mobil klasik tersebut. Modifikasi velg mobil klasik biasanya dilakukan untuk dapat menambah penampilan mobil agar menjadi semakin keren dan gagah. Trend dan gaya memodifikasi velg mobil klasik haruslah disesuaikan dengan keadaan mobil klasik yang akan di modifikasi, hal ini berarti disamping memiliki tampilan yang keren namun modifikasi ini juga harus memperhatikan aspek ‘safety’ mobil pada saat kita menggendarai atau memakai mobil klasik tersebut untuk keperluan sehari-hari.

Modifikasi Mobil Klasik

Cara Modifikasi Velg Mobil Klasik

Ketika Anda ingin untuk modifikasi velg mobil klasik, ada baiknya Anda tetap memperhatikan kenyamanan mobil pada saat dikendarai, jadi usahakan agar jangan hanya memperhatikan penampilan dari mobil saja agar bisa tampil dengan keren. Contohnya adalah modifikasi dengan menggunakan velg dengan ukuran yang besar dan lebar dengan ukuran ban yang tipis, modifikasi seperti itu memang akan membuat tampilan mobil klasik jadi terlihat lebih keren, akan tetapi akan dapat menimbulkan efek yang kurang nyaman pada kendaraan apabila sedang dikendarai, apalagi apabila kondisi jalan disekitar tempat tinggal kita tidak memungkinkan seperti bergelombang atau banyak terdapat lubang.  Berdasarkan dari beberapa pengalaman, modifikasi velg mobil klasik dengan menggunakan velg besar dan lebar  yang memakai ban tipis akan rentan untuk mengalami pecah ban atau terjerembab di lubang pada saat melewati jalan yang tidak bagus.

Tips untuk modifikasi velg mobil klasik

  1. Apabila Anda ingin untuk modifikasi velg mobil klasik, sebaiknya Anda menghindari untuk memakai velg dengan ukuran yang terlalu besar apabila dibandingkan dengan ukuran aslinya, misalnya apabila mobil klasik Anda memakai ring dengan ukuran 13 inci, sebaiknya jangan dimodifikasi dengan ukuran ring 16 inci atau 17 inci. Jadi sebaiknya Anda memakai ukuran ring yang standar saja, apabila Anda ingin menggunakan velg dengan ukuran ring yang lebih besar, maka sebaiknya menggunakan velg dengan ukuran 1 atau 2 tingkat saja diatasnya, misalnya velg ring 13 inci diganti dengan ring 14 inci atau 15 inci.
  2. Menggunakan velg lebar tentu pada saat modifikasi velg mobil klasik akan membuat ban mobil menjadi semakin menapak dengan jalan. Akan tetapi menggunakan velg yang terlalu lebar akan dapat mengganggu kenyamanan Anda pada saat berkendara ataupun pada saat Anda ingin parkir. Sebab, walaupun mobil kita sudah power stering akan tetapi setir mobil akan menjadi terasa lebih berat ketika berbelok atau parkir. Kelemahan lainnya apabila memakai velg yang terlalu lebar adalah bisa mengakibatkan bearing atau boll joint menjadi pecah. Jadi hindarilah untuk menggunakan velg yang terlalu lebar pada saat memodifikasi velg mobil klasik Anda.
  3. Tips selanjutnya adalah menghindari penggunaan ban mobil yang terlalu tipis. Pemakaian ban yang terlalu tipis, selain kurang nyaman juga akan sangat berbahaya, terutama apabila sedang berkendara keluar kota dengan kondisi jalan yang jelek dan banyak lubang. Jadi sesuaikanlah ban mobil dengan fungsinya, sebab ban adalah salah satu faktor untam dari kenyamanan kita pada saat berkendara.
  4. Agar modifikasi yang kita lakukan bisa benar-benar mendapatkan hasil yang baik, maka dalam memilih velg Anda juga harus memperhatikan bahan dari velg tersebut. Sebaiknya Anda memilih velg yang memiliki kualitas bagus, seperti yang terbuat dari alumunium atau yang menggunakan bahan karbon. Velg mobil yang menggunakan bahan karbon sekarang sudah banyak beredar dipasaran, velg mobil dari bahan karbon ini, walaupun konstruksinya lebih ringan apabila dibandingkan dengan yang terbuat dari bahan aluminium, akan tetapi kekuatannya tidak usah diragukan, namun velg yang terbuat dari bahan karbon ini harganya lumayan lebih mahal dari velg yang berbahan aluminium.
  5. Carilah velg dengan ukuran lubang pcd yang sesuai dengan pcd mobil, jangan pernah menggunakan velg modifikasi yang menggunakan lubang pcd universal (dapat digunakan untuk berbagai macam tipe ukuran pcd) hal ini selain jelek secara estetika, kekuatan lubang pcd nya juga akan berkurang karena bagian lubangnya akan sering pecah apabila kena getaran yang tinggi.
  6. Apabila Anda ingin memodifikasi velg mobil klasik Anda dengan menggunakan velg bekas, hal yang harus Anda diperhatikan adalah apakah velg tersebut masih layak pakai atau tidak, jadi teliti terlebih dahulu dengan baik velg tersebuat, baik pada bagian luar, dalam maupun permukaannya. Jadi jangan sampai Anda salah ketika membeli velg bekas, sebab ada juga penjual yang menjual velg bekas yang sudah retak dengan mendempulnya kembali agar tidak terlihat retakannya.
  7. Untuk modifikasi velg mobil klasik dengan gaya retro, velg standar dapat dicat dengan warna hitam dan di tutup dengan menggunakan dop stainless lalu ditambahkan white wall, sehingga tampilan dari velg mobil jadi terlihat lebih klasik dan keren.
Baca juga:  Modifikasi Mobilio Use BBSF1 R17

Tips merawat velg mobil klasik yang telah di modifikasi

  1. Hindari untuk mengganti atau memasang ban mobil dengan menggunakan alat tradisional seperti yang dipinggir-pinggir  jalan, ini bertujuan agar kondisi velg dapat tetap terjaga, terutama pada bagian permukaan dan juga tepi velg agar tidak cacat. Sebab biasanya para montir pinggir jalan ini pada saat mengganti ban hanya dengan cara mencongkelnya saja, tidak menggunakan alas, Apabila terpaksa untuk menggantinya di montir pinggir jalan, sebaiknya Anda terus mengawasi, sehingga velg tidak menjadi cacat.
  2. Melakukan spooring dan balancing dengan berkala.
  3. Apabila velg mobil sudah cacat, sebaiknya Anda ganti dengan yang baru, hindarilah untuk menservis ataupun memperbaiki velg mobil yang dilakukan dengan menggunakan metode pemanasan, sebab dengan cara ini akan dapat merubah struktur dari bahan velg sehingga avelg mobil akan menjadi lebih mudah retak.
  4. Demikian beberapa tips cara modifikasi velg mobil klasik dan cara merawatnya agar mobil Klasik Anda bisa terlihat lebih elegan dan keren, sehingga Anda dapat dengan bangga mengendarai mobil klasik Anda.

Tags: ,

Loading...