Honda FCX Clarity Fuel Cell Bakal Saingi Toyota Mirai

Honda FCX Clarity Fuel Cell – Tokyo Motor Show 2015 jadi saksi teknologi-teknologi canggih yang akan menjadikan mimpi jadi kenyataan. Setelah Nissan muncul dengan IDS Concept dengan fitur autopilot dan Tetra for Dayz yang menjadikan mobil layaknya ponsel beroda 4, atau LexusLC-FC yang menyematkan mesin tenaga listrik ke mobil sport, kala ini Honda hadir dengan ClarityFuelCell.


Honda FCX Clarity Fuel Cell

Kata fuelcellmengingatkan kita pada seri Toyota yang sudah memasuki fase produksi, Toyota Mirai. Ya, Honda ClarityFuelCell memang mobil sejenis Mirai yang tidak lagi menggunakan bahan bakar fosil. Teknologi fuelcell merupakan teknologi yang memungkinkan kendaraan tidak lagi mengonsumsi bahan bakar, namun menciptakan sendiri bahan bakarnya. Suplai hidrogen dibutuhkan agar energi tercipta sehingga mobil dapat bergerak.

Honda FCX Clarity Fuel Cell

Honda FCX Clarity Fuel Cell

Mirai harus menunggu 22 tahun agar mobil fuelcell jadi kenyataan. Namun, sepertinya Toyota bukanlah satu-satunya manufaktur yang menjadikan mimpi membuat mobil zero emisi yang ramah lingkungan sebagai proyek ambisius. Buktinya, Honda juga akhirnya merilis ClarityFuelCell.

Baca juga:  Contoh Modifikasi Velg Honda Brio

Honda FCX Clarity Fuel Cell

Soal penerjunannya ke pasar otomotif, Honda memang selangkah di belakang Toyota. Mirai sudah terlihat di jalanan tahun 2015 ini. Sementara Honda baru memperkenalkan ClarityFuelCell di Tokyo Motor Show dan rencananya akan diproduksi tahun depan. Setahun lebih lambat dari Toyota.

Honda FCX Clarity Fuel Cell

Honda FCX Clarity Fuel Cell

Namun Honda mengklaim mobil ini lebih baik dari kompetitornya. Siapa lagi kalau bukan Mirai. Dua hal yang menjadi keunggulannya, daya jelajah dan waktu pengisian. Dibandingkan Mirai, Honda mengklaim daya jelajah Clarity fuel cell sampai 700 km hanya dengan sekali pengisian. Kedua, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi bahan bakar hanya 3 menit.

Jika memang benar begitu Toyota tampaknya harus lebih waspada. Honda jelas unggul dalam kedua hal ini. Lalu apa yang akan dilakukan oleh Toyota menanggapi klaim Honda tersebut?

Tags: , , , , , ,

Loading...