Hilangkan Getaran Setelah Ganti Velg Mobil

Ganti velg mobil malah membuat roda bergetar. Keluhan ini sepertinya banyak dialami oleh pemilik mobil. Masalah velg bergetar memang tidak bisa dianggap remeh. Velg bukan sekedar aksesoris mobil, sekalipun melakukan ganti velg bisa membuat tampilan lebih bagus. Velg juga soal keamanan dan kenyamanan berkendara, bukan sekedar tampilan. Seorang pemilik mobil perlu cermat sebelum mengganti velg mobil miliknya.

ganti velg mobilKeseimbangan ban dan velg harus diperhatikan saat ganti velg mobil

Sebab roda bergetar setelah ganti velg mobil

Setiap velg maupun ban pasti telah melewati proses uji coba sebelum dipasarkan. Proses ini disebut dengan balancingRims Center akan singgung lebih lanjut mengenai balancing di dalam artikel ini. Sebelumnya kita bahas dulu alasan roda bisa bergetar setelah ganti velg mobil.

Kita bisa begitu mudah tertarik dengan cantiknya sebuah velg, sehingga ingin mengganti velg standar pabrikan. Itu bisa dipahami, sebab tunggangan lebih dari sekedar alat transportasi belaka. Apalagi buat pecinta modifikasi mobil. Sah-sah saja bila orang ingin mempercantik kendaraannya hingga membuat kenyamanan berkurang. Namun, ini tentu tidak disarangkan bagi mereka yang menggunakan mobil untuk keperluan harian atau perjalanan jarak jauh.

Pada dasarnya, produsen mobil sudah memperhitungkan kemampuan velg dan ban standar pabrikan mereka. Jadi, saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi, roda tetap stabil. Nah, Kita juga semestinya melakukan perhitungan yang sama saat ingin mengganti velg standar pabrikan. Sebab jika perhitungan ini tidak dilakukan, risiko roda bergetar bisa dialami pemilik mobil saat berkendara.

Baca juga:  Velg Mobil Racing NERICH HSR Ring 17

Hal lain yang juga mempengaruhi kestabilan roda ban adalah cara pemasangan ban. Ada aturan tersendiri saat memasang ban pada velg mobil. Tidak boleh sembarangan.

Selain itu, sekalipun velg dan ban sudah sesuai dan sudah dibalancing oleh pabriknya, proses balancing ulang masih perlu dilakukan. Artinya, Balancing memang dibutuhkan saat ganti ban mobil.

Balancing jadi hal penting saat ganti velg mobil

Balancing merupakan proses menyeimbangkan beban pada ban dan velg ketika disatukan. Tujuannya agar stir dan roda tidak bergetar saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Proses ini menggunakan mesin balancing khusus. Kesalahan input data pada mesin ini juga akan membuat velg dan ban tidak seimbang. Oleh karena itu, balancing harus benar-benar ditangani oleh mekanik yang benar-benar mengerti mengenai velg dan ban dan bagaimana harus melakukan balancing pada keduanya.

Tetap bergetar setelah ganti velg mobil, walau sudah dibalancing

Ada juga kasus roda tetap bergetar sekalipun sudah dibalancing. Ini bisa terjadi karena lubang di bagian tengah velg mobil lebih besar dari sumbu roda. Dalam kasus seperti ini, diperlukan alat tambahan. Alat ini disebut center hub ring, lebih dikenal dengan center ring.

Center ring ini akan menghilangkan getaran saat mobil dikendarai. Ia juga memiliki fungsi lain. Center ring menopang kinerja baut roda dengan cara menahan velg tetap dalam poros yang sama dengan sumbu roda. Dengan begitu, tromol dengan velg menjadi lebih rigid dan solid.

 

Tags: , , , , , , , , , , ,

Loading...